Sepuluh Adab

Ketahuilah –semoga Allah memberikan hidayah kepadaku dan kepadamu menuju akhlak yang terbaik- bahwa termasuk adab yang agung ada sepuluh perkara:

1. Mengucap Salam

Apabila engkau bertemu seorang muslim, maka ucapkanlah salam kepadanya dengan mengatakan: “Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barokatuh” . Dan jika dia mengucapkan salam kepadamu, maka jawablah: “Wa’alaikumussalam warahmatullahi wa barakatuh”.

2. Meminta Izin

Apabila engkau ingin masuk untuk bertemu seseorang maka minta izinlah dengan berdiri di sebelah kanan pintu atau di sebelah kirinya. Apabila dia mengizinkanmu, maka masuklah. Namun, jika dia meminta kepadamu untuk kembali, maka pulanglah.

3. Menyebut Nama Allah

Sebutlah nama Allah saat mulai makan dan minum, dengan mengucapkan: “Bismillah” .Makanlah dengan tangan kananmu, makanlah dari yang paling dekat denganmu. Apabila engkau telah selesai, maka jilatlah sisa makanan yang terdapat pada jari-jarimu dan ucapkan: “Alhamdulillah” .

4. Berbicara yang Baik

Berbicaralah dengan ucapan yang indah dalam kebaikan, rendahkanlah suaramu, dan hendaklah pelan-pelan (tidak tergesa-gesa) dalam berkata. Diam dan perhatikanlah orang yang berbicara denganmu, dengan menghadap kepadanya. Janganlah memutus pembicaraan dan jangan mendahului orang  yang lebih tua dalam berbicara.

5. Berwudhu Sebelum Tidur

Apabila engkau mendatangi tempat tidurmu, hendaklah berwudhu. Tidurlah di atas bagian tubuh sebelah kanan. Bacalah Ayat Kursi. Gabungkan kedua telapak tanganmu, kemudian bacalah pada kedua telapak tangan itu surat Al-Ikhlash, surat Al-Falaq, dan surat An-Nas, kemudian tiupkanlah pada kedua telapak tangan, usaplah dengan keduanya apa yang mampu engkau jangkau dari badanmu. Lakukan hal itu sebanyak tiga kali.

6. Ketika Bersin

Apabila angkau bersin, maka tutuplah wajahmu dengan tangan atau pakaianmu. Pujilah Allah dengan mengucapkan: “Alhamdulillah”  
Jika ada yang bertasymit kepadamu dengan mengucapkan: “ Yarhamukallah” , maka katakanlah: “Yahdikumullahu wa yushlihu balakum” 

7. Ketika Menguap

Tahanlah dirimu ketika menguap semampumu. Letakkan tanganmu di mulut untuk menutupinya dan jangan sampai bersuara: “aah, aah” .  

8. Ketika Mendatangi Bermajelis

Apabila engkau mendatangi suatu majelis (perkumpulan), maka ucapkanlah salam. Duduklah di barisan belakang perkumpulan tersebut. Janganlah duduk di antara cahaya matahari dan bayangan (sebagian tubuh terkena cahaya matahari sebagiannya tidak). Jangan pisahkan antara dua orang yang duduk, kecuali bila keduanya mengizikan. Janganlah meminta  seseorang bangkit (agar berpindah) dari tempat dia duduk. Lapangkanlah tempat untuk orang yang baru masuk. Ingatlah Allah dalam majelis tersebut, paling tidak dengan mengucapkan kaffaratul majlis (dzikir penggugur kesalahan dalam majelis): “ Subhanakallahumma wa bihamdika , asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik”  (Maha Suci Engkau ya Allah dan segala pujian untuk-Mu . Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar kecuali Engkau. Aku meminta ampunan dan bertaubat kepada-Mu).

9. Menunaikan Hak Jalan

Tunaikanlah hak ketika berada di jalan, maka tundukkan pandanganmu, jangan mengganggu orang lain, jawablah salam, perintahkanlah orang lain untuk berbuat baik dan cegahlah dari kemungkaran.

10. Ketika Berpakaian

Pakailah baju yang indah. Paling baik adalah yang berwarna putih. Jangan sampai ujung bawah pakaian tersebut melebihi kedua mata kaki. Mulailah dari bagian kanan ketika memakai dan dari sebelah kiri saat melepas.


Sumber:
Ebook SEPULUH ADAB
JUDUL ASLI :  الآدب العشرة
PENULIS : ASY-SYAIKH SHALIH BIN „ABDILLAH AL-„USHAIMI hafizhahullah
ALIH BAHASA : AL USTADZ MUCHLIS SUBROTO hafizhahullah
ISLAMIC CENTER AL MADINAH SUKOHARJO EBOOK 2019

Tinggalkan komentar